Close

Kemampuan Menulis Mahasiswa

Kemarin saya diundang untuk memberi sambutan workshop karya tulis mahasiswa yang diadakan oleh Unik Kegiatan Mahasiswa IM Telkom The Search. Bagus. Ide berasal dari mahasiswa dan dilaksanakan oleh mahasiswa. Pembicaranya dari dosen bahasa Indonesia dan seorang alumni Politeknik yang berprestasi.
Memang seorang mahasiswa harus dapat menunjukkan kemampuannya dalam berkomunikasi lisan dan tulisan. Harus ada program pengembangan yang focus sebagai pelengkap kuliah yang diterima mahasiswa di kelas. Jika mahasiswa telah memiliki kemampuan menulis sejak dibangku kuliah maka mudah-mudahan kegiatan komunikasi dan pengembangan ilmu dan teknologi mereka sudah berlangsung sejak dini. Jika sudah menjadi sarjana, turut memberikan kontribusi dalam mengembangkan produktifitas ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia. Tidak saja demikian, bahkan sewaktu menjadi mahasiswa, sudah mulai menjadi produsen ilmu bersama-sama dosen dalam kelompok bidang keahlian yang ada.
Jika dilihat dalam boring akreditasi program studi, partisipasi mahasiswa dalam kegiatan penelitian dosen turut diperhitungkan. Jadi secara regulasi, Pemerintah sudah melihat pentingnya pembinaan mahasiswa dalam komunitas ilmiah. Jika Indonesia disandingkan dengan Negara-negara ASEAN dalam hal produksi ilmu pengetahuan, maka posisinya masih dibawah, termasuk sudah kalah dari Vietnam. Artinya komunitas ilmiah di Indonesia masih perlu dikembangkan terus secara konsisten dan dengan kerja keras, termasuk PR link and match dengan industry yang masih belum memperlihatkan kemajuan signifikan….(Hus/18 Desember 2011/Minggu pagi)

Leave a Reply

© 2019 Just Sharing Ideas and Experiences | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
%d bloggers like this: