Close

Komuter di sekitar kota London

Jika bicara tentang kota London, maka sebentar lagi perhatian public dunia akan mengarah ke Ibu Kota Inggris tersebut. Sekitar 7 bulan lagi di tahun 2012 yang baru kita tapaki, akan datang lebih dari 10 ribu atlit dari 2000 negara yang akan bertarung di berbagai cabang olah raga. Sejak beberapa waktu lalu, London terus bersolek mulai dari berbagai fasilitas olahraga, hunian atlit dan berbagai fasilitas kota. Tentu saja aspek keamanan dan masalah transportasi menjadi perhatian yang tidak kalah penting dan kritis. Walaupun Inggris terus dibayangi dengan krisis hutang Eropa maupun Negara itu sendiri, persiapan Olimpiade terus dilakukan. Sebagai Negara Eropa, mereka tidak ingin kalah apa yang telah dilakukan Cina pada saat sebagai tuan rumah pada tahun 2008 lalu. Tentu saja sesuai dengan citra ke Inggrian mereka. Selain itu para wisatawanpun tidak akan ketinggalan memanfaatkan momen tersebut. Diperkirakan akan banyak sekali penonton yang datang baik dari Inggris, daratan Eropa maupun dari berbagai seantero bagian dunia lainnya, termasuk dari Asia dan Indonesia.
Banyak sekali mereka yang bekerja di London bertempat tinggal di luar kota tersebut. Para komuter tersebut selalu pulang pergi ke London setiap hari. Pagi datang dan sore atau malam baru pulang kembali ke rumah masing-masing di luar London. Jadwal kereta api umumnya tepat sesuai yang tercantum di pengumuman. Saya melihat transportasi publik di Inggris bagus, terasa kenyamanan dalam melakukan perjalanan. Khusus perjalanan dengan kereta api juga sangat nyaman lagi cepat. Pada umumnya, di setiap daerah kecil yang ada stasiun kereta api, terdapat daerah parkir yang cukup besar bagi kendaraan mereka yang akan ke London atau kota-kota lainnya. Jadi ada pilihan bagi penumpang.
Ambil contoh tempat saya studi di Chelmsford yang terletak di County Town of Essex, England sekitar 50 kilometer. Dengan kereta api biasa hanya ditempuh 30 menit saja ke stasiun kereta api Liverpool Street London. Setelah itu dilanjutkan dengan kereta api bawah tanah London ke tempat yang dituju. Dari Chelmsford, tiap hari hampir 15 ribu komuter yang menggunakan kereta api untuk bekerja di London. Bagi mereka yang jauh dari stasiun kereta api Chelmsford maka mobil dapat diparkir di stasiun kereta api yang umumnya cukup luas. Pilihan lainnya dapat menggunakan bis dari rumah atau taksi. Kereta api akan tiba setiap 15 menit sekali. Sore harinya pada saat pulang bisa langsung ambil mobil untuk pulang ke rumah.
Demikian juga bagi mereka yang tinggal di Oxford, tempat Universitas terkenal Oxford University. Dari kota ini yang berjarak sekitar 90 kilometer dari London, London dapat dicapai dalam waktu 30 menit saja dengan kereta api cepat dan berhenti di stasiun Paddington London. Dari kota kecil Cambride tempat Cambridge University yang terkenal itu, juga dapat ditempuh sekitar 30 menit juga….. (hus/Minggu/1 Januari 2012)

Leave a Reply

© 2019 Just Sharing Ideas and Experiences | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
%d bloggers like this: