Close

UKM Akan Diperkuat

Pertemuan pemimpin ASEAN di Nusa Dua Bali telah usai. Ada janji atau komitmen, begitulah kira-kira. Di ASEAN 96 persen unit usaha adalah Usaha Kecil dan Menengah alias UKM sehingga nyata betul peran UKM di kawasan ini, termasuk di Indonesia. Dalam perkembangannya, UKM ini cukup tahan banting dan juga dinamis.
Banyak hal yang perlu dikembangkan agar UKM nasional dapat berperan aktif dalam Asean Economy Community yang akan datang. Deputy Direktur Investasi BKPM, Achmad Kurniadi menyebutkan ada 8 program, diantaranya penyediaan modal, pengembangan system informasi, program khusus untuk UKM dan kolaborasi antar UKM se ASEAN. Dari KADIN menyebutkan antara lain perlu pengembangan program pelatihan terus menerus dan infrastruktur.
Bagi perguruan tinggi seperti IM Telkom, perlu juga meng-address masalah UKM ini. Misalnya program studi Adminstrasi Bisnis yang ada dapat juga difokuskan pada segmen industry UKM ini. Mungkin saat ini tidak perlu dibatasi dulu pada UKM ICT tetapi biarkan saja secara umum supaya memahami situasi UKM dulu. UKM ICT bisa digarap sebagai bagian dari segmen industri UKM. Dengan spesialisasi tersebut maka sumber daya seperti dosen, lab, buku-buku dapat diarahkan pada industri tersebut. Kompetensi lulusannya pun bisa lebih spesifik. UKM potensinya besar di Indonesia…(hus/27 November 2011/17.00)

Leave a Reply

© 2019 Just Sharing Ideas and Experiences | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
%d bloggers like this: